Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Wisata Cilacap, Gunung Srandil

    Wisata Cilacap, Gunung Srandil

    Apakah anda masih bingung menemukan destinasi wisata yang cocok untuk liburan?, jika belum menemukan refrensi, alangkah baiknya simak artikel ini, tempat wisata dikota kecil pesisir banyumas : Cilacap. Sebagian dari anda mungkin masih shock campur bingung, cilacap itu dimana? Yap, cilacap itu berada di Jawa Tengah, tepatnya di karesidenan banyumas, berada di sepanjang jalur selatan. Letaknya yang berbatasan langsung dengan samudra hindia membuat cilacap kaya akan pantai dan wisata alam yang epik abis. Kota yang memiliki wilayah terluas di jawa tengah ini juga memiliki potensi budaya yang luar biasa, karena kota ini merupakan tempat transisi antara budaya sunda dan jawa, perpaduan itulah yang menjadikan cilacap menjadi kota janda (jawa dan sunda) hehe..
     
    Selain pantainya yang keren dan wisata alam yang menawan, tempat wisata yang cocok untuk anak muda dan cilacap juga kaya akan wisata sejarah loh,, mau tau lebih lanjut, wisata apa aja nih yang wajib dikunjungi ketika berada di cilacap, yuuk simak!

    Berikut adalah tempat wisata di cilacap yang wajib anda kunjungi :
    1. Gunung Srandil
    gunung srandil...
    Selaian panorama alam dan pantainya yang memukau, serta bebrapa destinasi wisata sejarah yang kaya akan pengetahuan. Ternyata Cilacap juga kaya akan wisata spiritual, salah satunya gunung srindil ini. Gunung ini terletak di Glempangpasir, Kecamatan Adipata atau berjarak 30 kilometer dari Kota Cilacap. Anda bisa menggunakan transportasi umum yakni bus dengan jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen. Menurut cerita yang beredar dan diyakini oleh masyarakat, orang pertama yang mentap di gunung srandil ini adalah Sultan Mukhriti putra kedua dari Dwi Sari Banon Ratu Sumenep-Jawa timur.

    Kedatangan sultan ke gunung srandil ini konon untuk bertapa, namun, Sultan Mukhriti kemudian Murca (menghilang) yang ada tinggal petilasannya yang terletak di sebelah timur, dan dikenal dengan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.Tapi semua itu hanya cerita yang beredar, kebenaranya tidak ada yang bisa memastikan. Karena selain cerita Sultan Mukhriti, di gunung Srandil juga ada legenda rakyat, bahwa yang pertama bermukim di gunung srandil ini adalah dua orang bernama Kunci Sari dan Dana Sari, mereka berdua merupakan prajurit dari pangeran Diponegoro yang tidak mau menyerah kepada bala tentara belanda. Mereka memutuskan melarikan diri ke gunung srandil untuk bersembunyi dan pada akhirnya meninggal disini. Makam kedua prajurit tersebut berada di sebelah timur gunung srandil dalam satu komplek yang dipagar keliling yang kemudian hari, nama kunci sari lebih dikenal dengan nama Sukma Sejati.

    Dari cerita itulah kemudian gunung srindil banyak didatangi banyak peziarah baik dari masyarakat cilacap itu sendiri maupun daerah luar, bahkan ada yang datang dari sumatra, bali, kalimantan dan sulawesi. Para peziarah datang dengan anek macam tujuan masing-masing, dan biasanya ada yang bertapa pada jum;at kliwon atau malam satu syura. Karena menganggap tempat ini memiliki aura ghaib dari tokoh-tokoh mandraguna. Oleh karena itu, tak heran jika tempat ini sangat disakralkan. Karena banyak petilasan-petilasan yang dianggap memiliki karismatik. Petilasan itu diantaranya Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dwi Tanjung Sekarsari, kaki Semar Tunggul Sabdojati Dayo Amongrogo, Juragan Dampo Awang, Kanjeng Gusti Agung Akhmat atau Petilasan Langlang Buwana yang terletak di atas bukit dan Petilasan Hyang Sukma Sejati. Itu sebabnya, gunung srindil sampai hari sangat di sakralkan.

    Itulah beberapa destinasi wisata dan budaya yang bisa anda temui di kota kecil pesisir pantai selatan bernama Cilacap. Jadi, Ayook kapan mau berkunjung ke kota Cilacap? Ditunggu yaaa..!! semoga bermanfaat!
    *Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

    Sumber,
    http://tempatwisataunik.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728