Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Wisata Cilacap, Sedekah Laut Khas Cilacap

    Wisata Cilacap, Sedekah Laut Khas Cilacap

    Apakah anda masih bingung menemukan destinasi wisata yang cocok untuk liburan?, jika belum menemukan refrensi, alangkah baiknya simak artikel ini, tempat wisata dikota kecil pesisir banyumas : Cilacap. Sebagian dari anda mungkin masih shock campur bingung, cilacap itu dimana? Yap, cilacap itu berada di Jawa Tengah, tepatnya di karesidenan banyumas, berada di sepanjang jalur selatan. Letaknya yang berbatasan langsung dengan samudra hindia membuat cilacap kaya akan pantai dan wisata alam yang epik abis. Kota yang memiliki wilayah terluas di jawa tengah ini juga memiliki potensi budaya yang luar biasa, karena kota ini merupakan tempat transisi antara budaya sunda dan jawa, perpaduan itulah yang menjadikan cilacap menjadi kota janda (jawa dan sunda) hehe..
     
    Selain pantainya yang keren dan wisata alam yang menawan, tempat wisata yang cocok untuk anak muda dan cilacap juga kaya akan wisata sejarah loh,, mau tau lebih lanjut, wisata apa aja nih yang wajib dikunjungi ketika berada di cilacap, yuuk simak!

    Berikut adalah tempat wisata di cilacap yang wajib anda kunjungi :
    1. Sedekah Laut Khas Cilacap
    Sedekah Laut Khas Cilacap
    Selain tampat wisata yang telah diuraikan diatas, Cilacap juga memiliki tradisi yang sampai hari ini masih tetap dijaga kelestariannya yaitu sedekah laut atau yang biasa dikenal dengan larung sesaji. Konon, Sedekah Laut adalah salah satu budaya di Cilacap yang sudah turun temurun berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Akan tetapi, tradisi tersebut sempat terhenti dan dihidupkan kembali semasa Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982 hingga saat ini.Sedekah laut merupakan acara tahunan dengan melakukan pelarungan sesaji berupa makanan dan kepala kerbau ke tengah laut. Acara ini biasa di laksanakan di teluk penyu, biasanya sebelum di larungkan sesaji di arak terlebih dahulu sepanjang perjalanan menuju teluk penyu.

    Terus kapan sedekah laut itu dilaksanakan? Nah, biasanya sedekah laut di Cilacap itu dilakukan pada bulan Oktober, pada tahun 2015 kemaren, sedekah laut dilaksanakan pada hari Jum’at Kliwon tanggal 23 Oktober, jadi jika anda ke Cilacap pada bulan itu, anda bisa mnyaksikan meriahnya budaya tahunan khas Cilacap ini.

    Itulah beberapa destinasi wisata dan budaya yang bisa anda temui di kota kecil pesisir pantai selatan bernama Cilacap. Jadi, Ayook kapan mau berkunjung ke kota Cilacap? Ditunggu yaaa..!! semoga bermanfaat!
    *Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

    Sumber,
    http://tempatwisataunik.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728