Kabupaten Grobogan kurang santer terdengar namanya, bahkan walau wilayahnya terhitung terluas kedua di seluruh Jawa Tengah. Mungkin malah kamu baru mendengar nama Grobogan kali ini — dan selama ini lebih familiar dengan ibukotanya, Purwodadi.

Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Ada air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dituju hanya beberapa jam saja dari kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta.

Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan keindahan Grobogan, simaklah penuturan Hipwee berikut ini. Semoga bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana dalam waktu dekat ini.

1. Fenomena alam yang tak biasa milik Grobogan adalah Api abadi Mrapen, yang tak akan padam meski diguyur hujan

Api abadi
Gas dari dalam tanah kemudian tersulut api via id.wikipedia.org

Terletak di jalur Purwodadi-Semarang, 26 kilometer dari kota Purwodadi. Tepatnya di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api abadi Mrapen ini merupakan fenomena geologi alam yang cukup langka, terbentuk karena adanya gas alam yang keluar dari dalam tanah lalu kemudian tersulut api. Diameternya sendiri sebenarnya mungil, sekitar 1,5 meter. Lalu ia diberi tumpukan batu kapur di atasnya agar tak berbahaya bagi para pengunjung. Disebut ‘abadi’ karena ia tak akan padam meski berjam-jam diguyur hujan.

Selain digunakan sebagai upacara obor pada hari raya Waisak, api abadi Mrapen juga banyak digunakan untuk acara pembukaan olahraga, dari SEA Games di Palembang sampai Asian Beach Games di China sampai Oman. Tak hanya itu saja yang bisa kamu temui di sini. Di dekatnya terdapat pula Batu Bobot, yang konon bisa mengabulkan segala permintaan bagi siapa saja yang dapat mengangkatnya sambil duduk.
ke yang khas. Kalau ke Purwodadi dan nggak makan swieke, kamu termasuk golongan merugi!
Sudah terbukti, bukan, kalau Grobogan menyimpan berjuta keindahan? Jadi kapan nih kamu mau mengunjunginya?