Kabupaten Grobogan kurang santer terdengar namanya, bahkan walau wilayahnya terhitung terluas kedua di seluruh Jawa Tengah. Mungkin malah kamu baru mendengar nama Grobogan kali ini — dan selama ini lebih familiar dengan ibukotanya, Purwodadi.

Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Ada air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dituju hanya beberapa jam saja dari kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta.

Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan keindahan Grobogan, simaklah penuturan Hipwee berikut ini. Semoga bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana dalam waktu dekat ini.

2. Berkunjunglah ke Bledug Kuwu, dan saksikan letupan lumpur yang anehnya mengandung garam

Letu
Letupan lumpur di Bledug Kuwu

Bila kamu ingin melihat fenomena alam yang menakjubkan, pergilah ke Bledug Kuwu di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Kamu akan disuguhi pemandangan lumpur yang meletup-letup. Tempat wisata ini terletak sekitar 28 KM dari kearah timur dari kota Purwodadi. Letaknya juga tak jauh dari api abadi Mrapen. Meski terletak berkilo-kilometer jauhnya dari laut, lumpur di Bledug Kuwu ternyata mengandung garam. Karena hal inilah masyarakat menganggap ada saluran bawah tanah yang menghubungkan Bledug Kuwu dengan Laut Selatan.

Bledug dalam bahasa Indonesia yang berarti letupan atau letusan, dan kuwu atau kuwur yang artinya tersebar. Memang ada beberapa titik yang akan meletupkan lumpur di kawasan secara berulang-ulang dalam rentang waktu 1-2 menit, dengan ketinggian 1 sampai 10 meter. Dan setelahnya, akan ada asap putih yang menyembul keluar dari letupan lumpur tersebut.

Jangan khawatir. Meski terlihat ada asap, lumpur di kawasan ini tidaklah panas sama sekali.

Sudah terbukti, bukan, kalau Grobogan menyimpan berjuta keindahan? Jadi kapan nih kamu mau mengunjunginya?