Kabupaten Grobogan kurang santer terdengar namanya, bahkan walau wilayahnya terhitung terluas kedua di seluruh Jawa Tengah. Mungkin malah kamu baru mendengar nama Grobogan kali ini — dan selama ini lebih familiar dengan ibukotanya, Purwodadi.

Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Ada air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dituju hanya beberapa jam saja dari kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta.

Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan keindahan Grobogan, simaklah penuturan Hipwee berikut ini. Semoga bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana dalam waktu dekat ini.

3. Keindahan alam asli Indonesia dapat kamu nikmati di Air Terjun Widuri

Air terjun Widuri
Air terjun Widuri via widuriairterjun.blogspot.com

Air terjun ini terletak di Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo, 19 kilometer sebelah timur laut kota Purwodadi, tepatnya di Jalan Raya Puwodadi-Blora.Sesampainya di perempatan Ngantrul, Tawangharjo, ambil jalan ke utara kira-kira 15-20 menit berkendara.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, diapit oleh hutan jati dan persawahan yang masih asri. Akses menuju air terjun ini lumayan menantang. Pengunjung diharuskan berjalan kaki melewati area persawahan sebelum akhirnya sampai di air terjun ini. Tapi jangan malas dulu, karena pemandangan yang kamu lihat akan sebanding dengan total tenaga yang kamu keluarkan untuknya.

Sudah terbukti, bukan, kalau Grobogan menyimpan berjuta keindahan? Jadi kapan nih kamu mau mengunjunginya?