Kabupaten Grobogan kurang santer terdengar namanya, bahkan walau wilayahnya terhitung terluas kedua di seluruh Jawa Tengah. Mungkin malah kamu baru mendengar nama Grobogan kali ini — dan selama ini lebih familiar dengan ibukotanya, Purwodadi.

Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Ada air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dituju hanya beberapa jam saja dari kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta.

Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan keindahan Grobogan, simaklah penuturan Hipwee berikut ini. Semoga bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana dalam waktu dekat ini.

4. Konon jika mandi pada hari-hari tertentu di Sendang Coyo, wajahmu akan awet muda dan bercahaya

Segarnya pemandian
Segarnya pemandian di Sendang Coyo via hariansemarangbanget.blogspot.com

Sendang, dalam bahasa Indonesia berarti kolam atau danau kecil, disebut Sendang Coyo karena konon dapat membuat orang yang mandi tepat di tengah malam satu Suro menjadi awet muda sehingga wajahnya bercahaya — alias cohyo. Air yang jernih dan segar, serta kedalamannya yang tak lebih dari 1 meter juga membuat sendang ini banyak dikunjungi oleh keluarga beserta anak-anak mereka.

Objek wisata pemandian ini terletak di Desa Mlowokarangtalun, sekitar 26 km arah tenggara kota Purwodadi. Letaknya yang berada di tengah-tengah hutan jati tak lantas membuat tempat wisata ini sepi. Justru karena jauh dari hiruk-pikuk kota, tempat ini didaulat sebagai salah satu tujuan wisata favorit warga sekitar. Apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, wah, yang kamu lihat adalah warga yang sedang mandi di seluruh sudut pemandian ini.

Sudah terbukti, bukan, kalau Grobogan menyimpan berjuta keindahan? Jadi kapan nih kamu mau mengunjunginya?