Kabupaten Grobogan kurang santer terdengar namanya, bahkan walau wilayahnya terhitung terluas kedua di seluruh Jawa Tengah. Mungkin malah kamu baru mendengar nama Grobogan kali ini — dan selama ini lebih familiar dengan ibukotanya, Purwodadi.

Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Ada air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dituju hanya beberapa jam saja dari kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta.

Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan keindahan Grobogan, simaklah penuturan Hipwee berikut ini. Semoga bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana dalam waktu dekat ini.

5. Nikmati damainya pemandangan alam dengan berpiknik di tepi waduk Kedung Ombo

Salah satu waduk terluas di Pulau Jawa
Salah satu waduk terluas di Pulau Jawa via pamungkaz.net

Waduk Kedung Ombo merupakan waduk yang dibangun pada pertemuan Sungai Uter dan Sungai Serang. Terletak di Dukuh Kedung Ombo, Desa Gayat, Kecamatan Geyer. Waduk ini dibangun pada tahun 1985 sampai 1989, dan merupakan salah satu waduk terbesar di Pulau Jawa, karena dalam pembuatannya sendiri menenggelamkan 37 desa, dan 7 kecamatan, di tiga kabupaten berbeda, yaitu Sragen, Boyolali, dan Grobogan.

Kedung Ombo juga menawarkan wisata air dengan menngunakan perahu untuk para pengunjung. Bahkan arena bermain anak-anak juga sudah tersedia. Tak perlu khawatir jika kehabisan bekal, karena di pinggir waduk ini juga sudah banyak warung-warung makan yang menjajakan aneka makanan.

Sudah terbukti, bukan, kalau Grobogan menyimpan berjuta keindahan? Jadi kapan nih kamu mau mengunjunginya?