Kabupaten Grobogan kurang santer terdengar namanya, bahkan walau wilayahnya terhitung terluas kedua di seluruh Jawa Tengah. Mungkin malah kamu baru mendengar nama Grobogan kali ini — dan selama ini lebih familiar dengan ibukotanya, Purwodadi.

Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Ada air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dituju hanya beberapa jam saja dari kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta.

Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan keindahan Grobogan, simaklah penuturan Hipwee berikut ini. Semoga bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana dalam waktu dekat ini.

9. Kalau kamu penggemar makanan ekstrem, cobalah cicipi makanan khas Grobogan: Swieke

Olahan katak
Olahan katak via commons.wikimedia.org

Swike atau swieke sebenarnya adalah teknik mengolah daging. Jadi dagingnya bisa berasal dari hewan apa saja, dari bebek hingga ayam. Tak harus kaki katak yang akhirnya dihidangkan.

Jadi jika kamu tak memakan daging katak, jangan khawatir. Ada juga kok restoran yang menjual swieke halal di Purwodadi. Kamu hanya perlu bertanya pada pemiliknya saja. Jangan sampai ketinggalan nikmatnya perpaduan jahe, bawang putih, dan merica dalam kuah bumbu swieke yang khas. Kalau ke Purwodadi dan nggak makan swieke, kamu termasuk golongan merugi!

Sudah terbukti, bukan, kalau Grobogan menyimpan berjuta keindahan? Jadi kapan nih kamu mau mengunjunginya?