Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Wisata Karanganyar, 12. Puncak Gunung Lawu

    Wisata Karanganyar, 12. Puncak Gunung Lawu

    12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Karanganyar sempat menjadi terkenal di Indonesia karena sebagai "Kota Jemani". Ya, dahulu pada saat demam jemani, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu penghasil jemani dengan kualitas bagus. Selain Jemani tentunya juga banyak sekali dikembangkan tanaman hias disana seperti anthurium, gelombang cinta, adenium, dan lain sebagainya. Kondisi iklim di Kabupaten Karanganyar yang terdapat di lereng Gunung Lawu ini memang sangat cocok untuk tanaman hias serta tanaman buah dan sayur atau hortikultura. Sampai saat ini, tanaman hias masih dijadikan sebagai salah satu komoditas unggulan di Karanganyar, namun kepopulerannya sudah tidak seperti dulu. Para wisatawan yang berkunjung ke Grojogan Sewu masih banyak yang membeli tanaman hias ini sebagai oleh-oleh keluarga dirumah.

    Lokasi Kabupaten Karanganyar adalah 14 km di sebelah timur Kota Surakarta atau Solo. Dengan demikian pariwisata di Karanganyar tidak bisa dilepaskan dari Pariwisata di Kota Solo. Banyak paket wisata yang menawarkan paket wisata di Kota Solo dan sekitarnya. Biasanya beberapa tempat wsiata di karanganyar juga dimasukkan dalam paket wisata Kota Solo ini.

    12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah


    Berikut ini adalah 12 tempat wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tegah yang harus anda kunjungi :

    12. Puncak Gunung Lawu

    Puncak Gunung Lawu
    Wisata di Karanganyar yang juga sudah terkenal berikutnya adalah Puncak Gunung Lawu atau di Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Tempat wisata ini kami masukkan karena memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri Kabupaten Karanganyar terutama bagi anda pecinta alam di seluruh Indonesia. Lokasi jalur pendakian ini terletak di perbatasan antara Kabupaten karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan jawa Timur. Untuk mendaki puncak Gunung Lawu ini kami sarankan didampingi oleh pendaki yang sudah berpengalaman. Karena memang mendaki di puncak gunung manapun tidak boleh disepelekan, harus dengan persiapan yang matang serta pengalaman di pegunungan yang mumpuni. Biasanya para pendaki akan memulai mendaki dari pos di Cemoro Sewu dan nantinya berakhir di Cemoro Kandang. Sebelum memulai mendaki anda dapat menikmati segelas kopi dan jajanan yang dijajakan oleh warung di sekitar kawasan ini. Untuk proses pendakiannya biasanya dimulai pada malam hari, harapannya nantinya di pagi hari sudah dapat mencapai puncak dan melihat sunrise dari puncak Lawu Hargo Dumilah. Ada keunikan tersendiri dari Puncak Lawu ini, yaitu di atas Gunung Lawu sebelum sampai puncak ada sebuah warung yang menjajakan makanan untuk para pendaki. Warung ini namanya Warung Mbok Yem yang Lokasinya masih di jalur pendakian ini. Hal ini tentunya sangat membantu para pendaki, karena dapat beristirahat menggelar tenda sambil menikmati berbagai makanan yang dijajakan serta minum berbagai minuman hangat yang juga disediakan. Yang kami tidak habis pikir bagaimana perjuangan pemilik warung ini untuk membawa berbagai macam bahan makanan untuk dibawa ke atas gunung. Perjalanan yang ditempuh padahal hampir sama dengan perjalanan ke puncak Lawu Hargo Dumilah.

    Bagaimana info tentang tempat wisata Karanganyar diatas ? Menarik Bukan ? Sedikit informasi apabila anda sedang berkunjung ke Karanganyar kemudian ingin berkeliling ke tempat wisata Karanganyar dengan menggunakan mobil rental, anda dapat menyewa jasa rental mobil di Karanganyar dengan mengakses situs Docar.co.id. Disana ada banyak sekali mobil yang dapat anda sewa. Untuk berkunjung ke situs resminya anda dapat klik di DOcar sewa mobil Solo.

    Nah, Demikian tadi 12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah. Di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah sendiri tidak hanya terdapat 12 wisata diatas saja, namun banyak juga wisata lain yang mungkin belum banyak terekspos dan belum banyak dikembangakn oleh pemerintah setempat. Berikut ini kami sampaikan juga beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik yang terdapat di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

    Pemandian Air Hangat Cumpleng terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu
    Monumen Joko Songo, merupakan Makam Pahlawan dari para Tentara Pelajar (TP) yang tergabung di Pasukan Ala-alap yang gugur melawan penjajah Belanda 

    Candi Planggatan, letaknya di tidak terlalu jauh dari Candi Sukuh

    Monumen Tanah Kritis, berupa wisata pendidikan untuk mengenang keberadaan tanah kritis yang terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.

    Waduk Lalung, dibangun untuk keperluan pengairan, perikanan serta pertanian namun belum serius dikembangkan untuk Pariwisata.

    Situs Watu Kandang, merupakan situs peninggalan zaman pra sejarah yang terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

    Astana Mengadeg, terletak di Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih merupakan komplek makam raja-raja dari Istana Mangkunegaran, Surakarta.

    Goa Tlorong terletak di Desa Lempong Kecamatan Jenawi, merupakan goa alami yang memiliki ukuran mulut goa dua meter kali 1,5 meter.

    Air Terjun Pringgodani terletak di Kelurahan Blumbang empat kilometer dari terminal bus Tawangmangu, Karanganyar.

    Monumen RRI tersembunyi di Desa Balong Jenawi

    Pura Peninggalan Leluhur Bali di Karanganyar yang awalnya berupa petilasan yang semula berwujud makam Ki Ageng Pasek (Pemacekan), Beliau adalah leluhur Bali yang dimakamkan di Desa Pasekan Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

    Wisata Gunung Bromo merupakan kawasan hutan penelitian yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, termasuk pohon-pohon langka, seperti Cendana. 
    Sumber,

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728