Soal pariwisata, kota-kota di Jawa Tengah mungkin belum sepopuler provinsi tetangganya, DI Yogyakarta. Padahal Jateng juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang berpotensi untuk menjadi tujuan liburan paling hits berikutnya. Setelah sebelumnya mengulas Semarang, Solo, dan Purbalingga, kini Hipwee akan mengajak kamu mengubek-ubek destinasi wisata di Kabupaten Kebumen.

Apa aja sih potensi wisata yang dimiliki oleh kabupaten yang terletak di selatan Jawa Tengah ini? Yuk kita jelajahi sama-sama.

4. Jika kamu berani, sapalah para pemanen sarang walet di goa Pantai Karangbolong.

Para pengunduh walet.
Para pengunduh walet. via afifahyunitasari.blogspot.com

Ada satu lagi pantai cantik yang terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, yang bernama Pantai Karangbolong. Pantai ini cukup tenar, sehingga ramai didatangi wisatawan. Yang menarik, di pantai ini terdapat sebuah goa yang menjadi tempat walet-walet membuat sarang. Sarang walet ini adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar Kabupaten Kebumen. Itulah mengapa kabupaten ini menggunakan walet sebagai simbolnya.

Karena medannya sulit dan berbahaya, wisatawan biasa tentu tidak bisa memasuki goa walet ini sembarangan. Penduduk setempat yang hendak memanen walet bahkan mengadakan tradisi ngunduh sarang walet agar diberi keselamatan. Tapi, kalau kamu ingin melihat proses memanen walet, di sini juga ada goa walet tiruan yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang itu.

Nah, itulah sejumlah tempat wisata yang menjadikan Kebumen sebagai salah satu kota yang layak kamu singgahi. Apa kamu punya rekomendasi tempat menarik lainnya di sekitar Kebumen? Kalau ada, buruan tulis di kolom komentar, deh.

Kredit feature image: diasporaiqbal.blogspot.com